Tuesday, December 18, 2018

Kenali Beberapa Prosedur Bedah Untuk Kanker


Untuk penderita breast cancer, ada banyak jenis dan model perawatan kanker payudara yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan perkembangan sel-sel kanker tersebut. Biasanya pada beberapa penderita membutuhkan dua atau lebih kombinasi pengobatan tergantung tingkat keparahan penyakitnya.
Di https://www.guesehat.com/ Kamu akan menemukan pembahasan secara khusus mengenai kanker, khususnya kanker payudara. Di sini juga dapat melakukan konsultasi dengan para ahli di bidangnya masing-masing, sehingga sangat memudahkan bagi para penderita penyakit ini. 
Prosedur pengobatan kanker payudara biasanya dapat dilakukan melalui bedah, kemoterapi, radioterapi, atau bahkan melakukan terapi hormon.

1. Lumpektomi

Proses pembedahan lumpektomi adalah proses pengangkatan tumor yang ukurannya tidak terlalu besar. Pada bedah ini sebagian kecil jaringan yang sehat di sekitar tumor juga akan diangkat. Biasanya pasca bedah lumpektomi, dilanjutkan dengan langkah radioterapi.
Untuk penderita yang memiliki tumor dalam ukuran besar, maka akan dilakukan kemoterapi terlebih dahulu untuk mengecilkan ukuran tumor tersebut sebelum kemudian dilakukan bedah lumpektomi.

2. Mastektomi

Bedah ini dilakukan untuk mengangkat seluruh jaringan pada payudara. Berikut beberapa tipe pembedahan mastektomi di bawah ini:


  • Skin Sparing Mastectomy, Pengangkatan yang dilakukan oleh dokter hanya pada bagian kelenjar payudara, puting, serta areola. Sementara untuk proses rekonstruksi ukang payudara akan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan drainase bagian tubuh yang lain.
  • Simple/ Total Mastectomy. Pengangkatan seluruh bagian payudara termasuk areola, kulit, bahkan puting.
  • Nipple Sparing Mastectomy. Dokter akan melakukan pengangkatan seluruh jaringan payudara, namun tidak mengikut sertakan kulit payudara serta puting. Akan tetapi jika ketika proses bedah ternyata menemukan sel kanker pada jaringan di bawah puting dan areola, maka proses pengangkatan pada bagian tersebut harus dilakukan.
  • Modified Radical Mastectomy/ kombinasi Radikal Mastektomi Prosedur bedah ini umumnya mengombinasikan dua model bedah. 
Proses pembedahan ini bertujuan agar sel-sel kanker yang telah ada tidak merusak sel atau jaringan yang masih sehat. Lakukanlah pengecekan pada payudara secara berkala agar dapat mencegah atau mengobati kanker payudara dengan segera. 

Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES