Tuesday, November 15, 2016

7 Makanan Pedas Yang Harus Anda Coba di Malaysia

Assalamualaikum
Siapa yang tak kenal Malaysia?

Malaysia adalah negara yang berbatasan dengan Indonesia. Persis di Pulau Kalimantan, Malaysia bagian timur bersinggungan daratannya dengan Indonesia. Begitu juga di Pulau Sumatra, bahkan bisa langsung melihat gemerlap megahnya gedung – gedung tinggi serta terang benderang peradaban di penghujung pantai Singapura serta Malaysia bagian barat.

Duuh, asik yaaa... Tapi masa cuman lihat dari jauh?


Dengan bertetangganya Indonesia dengan Malaysia, Anda bisa merencanakan liburan untuk menyegarkan pikiran Anda kesana mengingat aksesnya yang begitu mudah. Cara ternyaman untuk Anda bisa kesana adalah dengan menaiki sebuah pesawat, seperti contoh Garuda Indonesia.

Apabila Anda punya rencana ingin kesana dan bingung mau cek tiketnya gimana dan dimana? Caranya gampang banget. Anda bisa cek harga tiket Garuda Indonesia di website OTA (Online Travel Agent) seperti Traveloka.com.

Perjalanan Anda ke Malaysia pastilah membutuhkan dana yang cukup menguras kantong, maka dari itu jangan sampai perjalanan Anda sia – sia. Apalagi jikalau tujuan Anda ke Malaysia untuk berwisata kuliner makanan – makanan yang pedas.

Sebelum berangkat, yuk cari tau makanan pedas apa yang bisa kamu coba di Malaysia.

1.      Asam Laksa Penang

Sumber : malaysia.com
Menu yang begitu terkenal di Penang baik bagi para wisatawan lokal Malaysia maupun wisatawan Mancanegara. Banyak orang yang telah mengunjungi Malaysia, terutama daerah Penang yang merekomendasikan makanan ini kepada teman – teman sejawatnya di daerah asal. Sekilas makanan ini terlihat seperti mie berbumbu pecel. Bagaimanapun penampilannya, rasa yang ditawarkan oleh 
Asam Laksa Penang sangatlah menggoyangkan lidah siapapun yang memakannya. Makanan ini merupakan hidangan tradisional masyarakat Malaysia dan biasanya memiliki kuah yang lebih kental ketimbang dengan Asam Laksa yang biasa dijual di daerah Penang.

Asam Laksa Penang berbahan dasar ikan makarel yang dimasak dengan bihun, sayuran, mentimun, selada, nanas, serai, cabai, dan terasi. Tidak heran ketika Anda memakannya akan terasa segar yang menendang lidah. Dijamin tidak akan mengecewakan untuk Anda para penikmat makanan – makanan pedas.

2.      Wanton Mie Penang

Sumber : kyspeaks.com
Wanton Mie juga banyak dijual oleh para pedagang di daerah Penang. Wanton merupakan bahasa Cina yang berarti dumpling atau sejenis pangsit. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan kuah panas dan diberi pelengkap seperti sayuran, udang, ayam, acar, daun bawang, dan jamur. Campuran tersebut membuat mulut terasa segar dan ingin terus menyantap makanannya.

Rasa segar tersebut ditambah lagi dengan saus tiram yang menjadi peneman setia para penikmat kuliner yang berkunjung ke Malaysia. Wanton Mie sebenarnya dijual di berbagai daerah di Malaysia, tetapi khusus di Penang, saus yang disajikan untuk mie ini berwarna hitam, serta mienya diberi topping daging dan saus.

3.      Nasi Lemak Penang

Sumber : penangmalaysia.net
Nasi Lemak adalah nasi paling terkenal se – Malaysia. Secara sekilas, nasi ini sangat mirip dengan sajian Nasi Uduk di Indonesia. Menu ini pas untuk Anda nikmati di kala sarapan pagi, makan siang, serta makan malam. Masakan yang beraroma sedap dan menggugah lidah ini dimasak dengan santan lalu disajikan di atas piring atau daun pisang sehingga menambah aroma menjadi lebih mantap.
Nasi lemak cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas karena hampir sebagian besar para pedagang atau restoran yang menyajikan menu ini menemaninya dengan sambal, ikan teri, kacang goreng, telur, serta potongan mentimun. Anda pasti tidak akan asing dengan rasanya meskipun Anda sedang tidak berada di Indonesia.

4.      Nasi Kandar

Sumber : vkeong.com

Sepertinya Nasi Kandar tidak akan Anda temui di Indonesia sebagaimana Nasi Lemak yang mirip dengan nasi uduk. Nasi Kandar ini memiliki keunikan dimana menu ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah kari kental yang gurih, kemudian disajikan dengan lauk seperti cumi cumi goreng, telur, daging kambing, daging sapi, jeroan, udang goreng, atau ayam goreng.

Sekilas, mirip nasi padang ya? Ngomong-ngomong soal nasi padang dan makanan pedas, Indonesia juga punya loh salah satu  makanan pedas yang enak dan murah meriah Baca Juga: Rasa Memikat Harga Merakyat Buat Aku Omaygat.


 5.      Chi Chong Fan

Sumber : foodspotting.com

Chi Chong Fan bukanlah makanan asli Malaysia, tetapi ia berasal dari Guangzhou, Cina. Meskipun begitu, Chi Chong Fan sudah menjadi pemandangan umum serta banyak dijual di Malaysia. Chi Chong Fan adalah sejenis kwetiau yang digulung dan disajikan dengan saus khusus dan saus sambal. Biasa dijadikan sebagai appetizer dan sering dijumpai dalam menu Yam Cha dan Dim Sum di beberapa restoran khas Cina.

6.      Mee Siam

Sumber : mayakitchenette.com
Mee Siam merupakan salah satu makanan khas negeri jiran yang telah mendapatkan label “Truly Malaysia” oleh pemerintah setempat. Menu ini merupakan bihun yang disajikan dengan kuah asam pedas yang mirip dengan kuah laksa. Tambahan potongan daun bawang dan perasan jeruk nipis membuat Mee Siam terasa segar dan sedap. Tak heran jika makanan ini banyak diburu oleh para wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia.

7.      Mie Goreng Penang

Sumber : radioaustralia.net.au

Perbedaan antara Mie Goreng Penang dengan Wanton Mie adalah mie yang dipakai Mie Goreng adalah mie kuning yang cukup tipis. Selain itu, Wanton Mie juga memakai kuah, sedangkan Mie Goreng Penang tidak. Mie Goreng Penang biasa dihiasi dengan bawang merah, bawang putih, daun bawang, ayam, udang, telur, cabai, dan kubis. Anda bisa memilih yang berasa pedas atau yang biasa.
Itulah 7 kuliner pedas yang bisa Anda cicipi saat liburan ke Malaysia, berani coba sensasi pedasnya?

Masih Purwokerto
15 November 2016

14 comments:

  1. Hmmm.. menggoda selera. Apalai pedas gitu, pasti deh semangat makan. Jadi pengen ke Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaang deh mak, dimakan saat masih hangat, pedes pedes selagi hujan gerimis....

      Delete
  2. aku blum pernah ke malay sih mba tapi kayake bakal suka yg nasi lemak deh

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke Malaysia juga... Kalau ke rumah makan yang jual masakan melayu sukanya roti tisu :D
    Nasi lemak itu tau dari Upin Ipin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang dari upin ipin mak, lezatos loh ^^

      Delete
  4. Aku orangnya picky eater bgt, koknya pas ke sana begitu diajak maem aku kurang begitu suka dgn menu melayu ini :(
    Sampe2 dulu berantem sm tmn asli sana, dikira aku gk menhormati mereka hiks.
    Doyannya cmn prata doang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah sangat disayangkan ya mak, roti prata juga enak sih mak ^^

      Delete
  5. Waktu ke Malaysia cuma nyobain nasi lemak, roti tisu, nasi kandar, canai, gitu2 dah.. lebih sibuk jalan2nya dibanding mikirin makan wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip siip maaak ^^, anyway thanks udah mampir :D

      Delete
  6. Sepedas-pedasnya makanan di Malaysia, kayaknya lebih pedas makanan di Indonesia hihiihi, ngga tau kenapa menurut aku disana pedesnya cuman hawar-hawar doang ngga se joss di sini XD Jadi kalau kesana pasti minta cabe tambahan biar lbh pedes #pecintacabe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kalo dibandingin makanan indonesia memang kalah mak. Wah ide bagus yak, minta tambah cabe. Lain kali patut dicoba tuh! :D

      Delete
  7. Duh, jadi pengen coba deh, reviewnya menaik banget.

    Salam,
    Gabrilla.

    ReplyDelete
  8. Aku mau coba semuanya kecuali nomor lima :D

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...