Tuesday, May 31, 2016

Resep Membuat Pizza di Rumah, Mudah, Sederhana, Anti Gagal


Aku suka banget sama pizza, satu loyang besar sering aku habiskan sendiri (emang dasar maruk), tapi lama kelamaan kalo sering-sering beli pizza dompetku bisa bolong. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat pizza sendiri, dan ternyata mudah banget, bahan-bahan yang aku pake juga seadanya bisa dibeli di alfamart atau warung-warung kecil.

Baca Juga: Resep Fruit Tarlet


Kalo mau bikin pizza yang pefect banget sih ya harus dateng ke toko bahan kue dan supermarket yang agak besar, tapi pake bahan-bahan seadanya juga bisa kok, dan rasanya gak usah diragukan lagi, maknyusss. Sederhana dan tentunya dijamin ANTI GAGAL! tanpa banyak basa-basi ini dia bahan dan alat yang dibutuhkan.

Okay pal, this is the easiest, the simplest way to make homade pizza.

CARA MEMBUAT PIZZA ANTI GAGAL

Bahan roti
  • 450gr tepung terigu protein tinggi (Aku pake tepung bogasari, bisa juga pake segitiga biru)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh ragi
  • 300ml Air hangat (harus hangat ya, jangan terlalu panas. nanti raginya mati)
  • 3 sendok makan minyak
Bahan saus
  • 250gr saus tomat  
  • 100gr saus sambal
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica hitam secukupnya (bisa pake bisa nggak)
  • 1 sendok teh oregano (bisa pake bisa nggak)
Bahan Topping (Ini sih sesuai selera)
  • 200gr keju mozarella 
  • 100gr keju biasa
  • 20 lembar daun bayam
  • Sosis sapi/ayam/pepperoni/jamur bisa salah satu

Cara membuat:

  1. Campurkan air hangat, ragi, dan gula, kemudian aduk rata dan diamkan selama 8-10 menit hingga ragi berbusa.
  2. Setelah ragi berbusa, masukkan tepung terigu dan garam, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Lalu tambahkan minyak, dan uleni hingga kalis, atau hingga adonan tidak terasa lengket. Uleni kurang lebih hingga 10 menit.
  3. Diamkan adonan selama 1 jam dalam mangkuk besar yang telah diminyak dan tutup mangkuk tersebut dengan kain serbet basah.
  4. Sambil menunggu adonan mengembang, haluskan bawang putih, bawang merah lalu tumis dengan api kecil hingga harum.
  5. Masukkan saus tomat, saus sambal, oregano, merica, gula dan garam, aduk rata.
  6. Apabila adonan roti sudah mengembang (adonan membesar 2x lipat dari asalnya) uleni sebentar, lalu ratakan adonan roti pada teflon. Tusuk-tusuk adonan yang sudah diratakan dengan garpu.
  7. Olesi saus pizza di atas adonan dengan rata
  8. Taburi parutan keju mozarella
  9. Susun topping dengan rapih, mulai dari daun bayam, sosis/pepperoni/jamur (sesuai selera)
  10. Taburi keju parut biasa
  11. Masukkan adonan pizza kedalam oven panas, dan tunggu selama 15 menit.
  12. Pizza dapat langsung disajikan.
Resep ini sudah aku coba berulang-ulang kali, dan hasilnya selalu bagus dan enak. Mudah banget kan? bahannya juga mudah dicari. Oiya, aku juga pake bayam supaya terbiasa makan sayur. Dijamin deh, gak kerasa ada bayamnya. Pokokke uenak puol!!! tergantung sih, siapa dulu yang masak *songong.

Purwokerto, 31 Mei masih dalam isak tangis 2016

8 comments:

  1. udah lama nih ga bikin pizza sendiri, cobain ah pake resep yg ini...

    ReplyDelete
  2. Mesti pakai open yak?? aku kudu beli dulu dah ini microwave.. ini kek nya gampang bgt ya resepnya.. terimakasih ya..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Teflon biasa di kukus juga bisa Mak. Good luck, semoga berhasil.

      Delete
  3. bisa nihh klo berhasil lumayan ketagihan

    ReplyDelete
  4. Pake teflon bisa beneran? Kalo bisa aku coba nih besok.

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...