Friday, September 14, 2018

Lakukan Cara Ini Agar Tidak Ditipu Online Shop


Postingan Techno Friday kali ini gak akan terlalu panjang dan bertele-tele. Singkat aja, tapi padat jelas dan aku jamin bermanfaat.

Jadi tuh tahun lalu adekku sempet kena tipu di online shop olx. Gak akan aku bahas detail kejadiannya kaya gimana. Yang jelas adekku udah bayar, tapi barang gak dikirim sampe detik ini juga. Padahal transfer sampe 5 jutaan. Bikin geram banget kan?

Dari situ, aku jadi lebih waspada kalo belanja di online shop. Apalagi di olx yang notabene kita berhubungan langsung sama penjual, tanpa ada pihak dari perusahaan kaya di online shop yang lain. Atau misalnya beli lewat instagram atau facebook, itu juga kan langsung berhadapan sama penjualnya, jadi musti juga hati-hati. Parno dikit gapapalah.

Salah satu cara untuk bersikap waspada dalam bertransaksi online yang bisa kamu lakukan adalah cek rekening milik si penjual sebelum belanja online, untuk tau apakah penjual berpotensi untuk melakukan penipuan. Caranya gimana? Gampang banget, baca terus sampe beres ya.

Jadi ternyata kemenkominfo sudah menyediakan website untuk cek rekening yang didalamnya ada data diri kita, gak semuanya ditampilkan kok. Cuman data singkat, nomor rekening, nama pemilik nomor rekening dan bukti laporan.

Bukti laporan apa?

Laporan dari orang lain bila pemilik rekening pernah melakukan penipuan dalam bertransaksi. Keren kan?

Jadi kalo kita nemu nomor rekening yang sudah di report, apalagi bukan sekali dan udah di verified. Langsung aja lah, batalin transaksi sama yang bersangkutan. Daripada nanti kena getahnya.


1. Masuk ke CekRekening[dot]id


2. Pilih Bank Yang digunakan, dan Isi nomor rekening


Contoh jika memang belum pernah dilaporkan atas tindakan penipuan. Punyaku masih aman lah, nah terus kalo yang pernah dilaporin tampilannya kaya gimana? Ini contoh salah satu online shop yang pernah dilaporkan atas tindakan penipuan transaksi online. Aku dapet fotonya dari twitternya @ACStyle30.



Nah, diatas kan ada 3 laporan tentang penipuan transaksi online. Bahkan salah satunya sudah verified. Kalo aku mah langsung angkat kaki lah, nggak jadi beli.

Terus bagi kalian yang dilalahnya apes, pernah ngalamin penipuan transaksi online, bisa banget tinggal buat laporan masih di website yang sama. Website ini memang dirancang oleh kementrian kominfo untuk mempermudah masyarakat.


1. Masuk ke CekRekening[dot]id , lalu klik Laporkan Rekening, dikolom bagian bawah, posisi yang paling tengah.


Atau jika kalian sudah masuk ke menu cek rekening, tinggal lihat di pojok kanan atas, dan klik


2. Lalu tinggal kalian isi form pelaporan seperti dibawah ini.

 


3. Ceklis I'm not a robot. Untuk selanjutnya mengisi Captcha. 

4. Submit dan Selesai!

Simpel banget dan gak memakan waktu yang banyak untuk cek kredibilitas si penjual. Oiya, selain cekrekening[dot]id ada lagi situs lain yang bisa cek nomor rekening yaitu Kredibel.

Well, sebenernya semua penipuan memang bisa aja terjadi pada siapapun. Tapi kan kita harus berusaha untuk mengurangi kesempatan bagi para oknum yang bertujuan jahat untuk menipu kita.

Pinter-pinter kita dalam menilai suatu online shop, harus jeli, harus detail, banyak-banyakin cek, salah satunya cek potensi seseorang melakukan penipuan dan tentunya harus selalu waspada. Dibilang cerewet juga gapapa kok.

Udah deh itu aja, semoga bermanfaat yaaaa...

Kereta Api Kutojaya, 14 September Beramai-ramai jadi bahagia 2018

3 comments:

  1. ooh bisa gitu ya.
    Makasih banyak Revi. Mau bookmark ah ntar lupa.

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, aku baru tahu loh ternyata bisa gitu ya. baiklah, selama ini transaksi online di marketplace sama FB masih terhitung aman sih

    ReplyDelete
  3. Oalah ada yaa ternyata, aku kalo mau belanja online bener-bener dilihat rating sama komentarnya. Kalo bisa ya belanja di ecommerce yg bisa nampung dana pembeli sampe barang dateng baru dikasih ke penjual gitu.

    ReplyDelete

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES