Thursday, June 2, 2016

Inilah 10 Efek Samping Operasi Amandel


Assalamu'alaikum.

Beuuuh.... jangan ditanya deh! namanya dari rumah sakit abis operasi dan ketemu dokter, pulang-pulang pasti dikasih oleh-oleh tata tertib hidup segaban. Apalagi abis operasi amandel kaya aku kemarin. Jangan makan ini lah, kurangi makan itu lah, makannya untuk sementara ini dulu lah, jangan ngomong banyak lah, jangan teriak-teriak *yakali ngapain juga teriak-teriak? dan banyak hal yang telah dititipkan oleh dokter dan perawat ketika aku bersiap-siap untuk pulang. 


Kadang kesel dan risih gak sih kalo dikasih aturan seabrek, dan semua aturan itu seringnya bikin hidup kurang menyenangkan. Tapi ya, karena aku juga pengen cepet pulih jadi gak nekat-nekat amat buat ngelanggar aturan, akhirnya terpaksa harus ditaati.
1 minggu berlalu, masih sesuai aturan yang tertulis.

1 minggu 5 hari berlalu,

Keadaanku membaik. Udah gak ada lagi tuh nyeri nelen, udah enak deh pokoknya. Aku coba untuk makan nasi walaupun tetap dicampur dengan bubur, biar teteup lembek.

1 minggu 6 hari, tiba-tiba

"Teh, ini ada dadar telor padang dibeliin mami yanyan. Katanya kemaren-kemaren pengen." 

Tawar nemok ketika pulang ke rumah.

Revi namanya, dia adalah seorang manusia yang gak akan pernah nolak kalo ditawarin masakan padang. Udah soulmatenya dari jaman orok, makanya mama gak pernah gagal kalo nyogok aku sama nasi padang, sepundung-pundungnya aku kalo dihadepin sama nasi padang bakal langsung luluh, luluh lantah.

Dadar telor padang kali ini tersaji lengkap dengan sambal hijau yang sangat memikat lidah. Emang dasarnya manusia yang namanya revi itu bandel, diambillah sambal tersebut dan dijadikannya teman makan bersama nasi dan telur, godaan syaithooon, itu godaan syaithoooon.

Saat-saat makan, sungguh terasa nikmat bukan kepalang. Maklum, aku pencinta rasa seuuhah, gak afdol sebuah makanan kalo gak pedes di lidah. Jadi ketika ketemu sambal, I can't resist it. Tanpa pikir panjang, pasti langsung dilahap, hap lalu ditangkap.

"Eng ing eng, ingin tau apa yang terjadi dengan bekas operasi amandelku?"

"Sudah ketebak lah, baik-baik aja."

Baik-baik aja dari hongkhooong? sakit saat hari pertama paska operasi muncul lagi ke permukaan. Aseeeem bukan kepalang, nikmatnya rasa semalam ternyata berakhir dengan sakit yang mendalam. Gak akan lagi deh, mangkir dari aturan yang berlaku. Bahkan hingga hari ini (3 minggu paska operasi) sakitnya masih terasa. Padahal deminya ya, aku ngambil sambelnya sedikiiiiiiiiiiit banget. Hingga akhirnya aku kembali lagi makan bubur.

Ya Gusti, kalo memang ini ujian kesabaran yang harus aku hadapi, aku terima dengan ikhlas, kata Allah teh "salah sendiri makan sambel". Asal dosaku tergugurkan aja laah, aku mah ikhlas. *Aih..... ikhlas sama Allah kok tawar menawar. 

Bukannya begitu, soalnya mau gimana lagi? nyalahin diri sendiri, udah abis aku dimarahin papa, kasihan lah masa aku ikut marahin, love yourself beybeeh, mau sedih sendu terus karena gak bisa makan lagi, malah jadi semakin memperparah, berasa idup gak ada semangatnya. Yowiiis, serahkan sama Allah aja lah, semoga dosa-dosa ini gugur tiap kali rasa sakitnya muncul.

Ini niatnya mau cerita efek operasi amandel, malah buat ringkasan sejarah. Maafkan si revi ini yaa... Sok atuh, ini dia 10 efek samping operasi amandel yang dapat terjadi: 

  1. Nyeri menelan. Of course yah, ini mah jelas! Amandel di elak-elakan elo diambil pake pisau tajem yang namanya scalpel abis itu berdarah-darah ngucur. Ngimpi dari bulan sanah kalo berharap gak nyeri. Hercules aja jerit-jerit minta balikan sama mantan. *eh

  2. Nyeri telinga. Ini bisa dijelaskan, karena amandel itu lokasinya di tenggorokan yang merupakan bagian dari kesatuan saluran THT. Pembedahan yang dilakukan pada tenggorokan tepatnya pada bagian amandel akan membuat efek rasa sakit pada saluran THT lainnya, terutama telinga. 

  3. Perubahan Suara. Kalo efek yang satu ini, buat aku sih udah jelas yah, suaraku berubah jadi tambah merdu *preketek minta di toyor satu erte kali? Berdasarkan beberapa sumber dan pengalaman yang aku ketahui memang ada beberapa orang yang 'agak' berubah suaranya setelah melakukan operasi amandel. Someone say that suaraku berubah jadi lebih lembut, katanya loh ya. Aku sih iya aja kalo ada yang bilang suaraku jadi tambah lembut. *semakin pantas di toyor.

  4. Berasa ada dahak di tenggorokan. Hal ini aku alami hampir 2 minggu, terasa ada dahak yang mengganjal di daerah tenggorokan, sungguh buat gak nyaman. Dahaknya mengganjal dan terpaksa harus ditelan, ketika ditelan malah terasa sakit. Serba salah kan? Didiemin ngganjel, ditelen perih, harusnya sih dibuang jauh-jauh kaya mantan.

  5.  Gak bisa batuk. Lebih tepatnya adalah, gak boleh batuk selama 2 minggu. Ingat poin diatas? yaitu berasa ada dahak di tenggorokan? Nah loh, coba bayangin aja deh caranya menghindari batuk tapi dikompor-komporin sama si dahak yang terkadang berasa gatel kepengen dibatukin. Kayaknya gak usah dijelasin panjang lebar lagi ya, gimana usaha seseorang paska operasi amandel untuk melawan batuk. *Uhuk...
     
  6. Gak bisa batuk, jelas gak bisa bersin dong!. Lah? kok bisa? Batuk aja udah gak boleh neng, apalagi bersin. Jebol-jebol dah jahitannya. 

  7. Gak boleh pergi keluar kota selama 2 minggu. Udah deh, jadi princess selama 14 hari aja di rumah, jangan kepengen keluar kota buat macem-macem. Kalo keluyuran ke kompleks sebelah buat stalkerin mantan cari udara seger sih, sah-sah aja. Jangan dijadiin beban, stay happy in homey.

  8. Infeksi Tenggorokan. Emang kuman paling paham deh sama daerah yang vulnerable, kaya tenggorokan yang abis dibelek-belek ini, kan rentan tuh buat ditempelin mantan-mantan kuman-kuman bandel. 

  9.  Hemat Ngomong. "Selalu ambil positifnya aja", kata mama. "Sekarang mama tanya, setelah operasi nge-gosipnya berkurang dong ya? Kamu juga jadi jarang mengeluh nak." ekspresiku saat itu *manyunin aja

  10. Jadi Kurus, Horeee!!!. Noh kan? Allah mah maha adil, selalu ada hikmah dari setiap ujian. Nih, contohnya badanku turun 4 kg selama 2 minggu. Gak percaya? nih liat tulang-tulang igaku keliatan semua, *yakali aku kasih liat? aurat cuy! pamali ah.

Adalah sakit, bisa dengan semudah itu datang, berbeda dengan lawannya sehat yang butuh perjuangan keras untuk mencapainya. Yuk, kita syukuri nikmat sehat yang sedang didapat sekarang.


Sukabumi, 24 Mei 2016 .

Masih dengan menu yang sama selama satu bulan ini (bubur ayam dan bubur sumsum) Alhamdulillah.... 

Purwokerto, 01 Juni 2016 
Ini dia akibatnya ketika postingan delay di publish, tanggalnya berderet. Udah di Purwokerto nih, katanya sih mau koas, tapi mbuhlah. Hanya Allah yang tau.

31 comments:

  1. Tmn kecilku dulu jg pernah operasi amandel. Moga lekas pulih dan bisa makan gorengan lg ya, mbak :D
    Eh boleh gak sih makan gorengan klo dah pulih? #kepoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah pulih sih gak papa mbak, minimal 2 minggu kalo anak kecil udah pulih.

      Delete
  2. Kalau aku nggak bisa makan tanpa yang namanya sambal! Pokoknya sambalholic lomboklover :D
    Mungkin gak enak ya gak bisa makan makanan fav, tapi gapapa demi sehat...
    Cepat sembuh yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget sama aku mbak, sambalholic. makanya sebulan berasa tersiksa banget wkwkwk

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, ga pernah kena amandel. jauh jauh ya cyin *usir amandel*.
    penyakitku, radang tenggorokan kambuhan. katanya sakitnya sama aja, tapi nggak perlu dioperasi. cepet pulih ya, terus makan sambelnya dibanyak banyakin huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin semoga jauh jauh cyin. hahaha, pengennya mah gitu. Aammiin ^^

      Delete
  5. semoga efek sampingnya cepat berkurang ya mbak. dan cepat sembuh. :)

    ReplyDelete
  6. aduh bu dokter, semoga lekas sehat.
    Saya dulu operasi amandel kelas 3 SD udah nggak ingat apa pantangannya, karena sebelumnya demam parah, amandel bengkak. Jadi pas abis operasi, biarlah apa pun pantanganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Lidha, sekarang udah sehat. Udah makan sambel, hehehe

      Delete
  7. Amandelku juga udh ilang mbak :D.. tapi syukur nya aku ga ngerasain semua yg mbak sebut di atas ...;p krn, pas operasi aku msh kls 1 SD hahahaha :D.. jd aku lupa apa rasanya ;p yg aku inget cuma 1, abis operasi aku diksh es krim yg lgs aku tolak setelah suapan pertama krn tenggorokan sakit hihihihi ;p itu pertamakalinya aku nolak eskrim.. pdhl dokternya sendiri yg nyuruh utk makan es krm stlh sehari abis operasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang mbak sakit banget, aku juga emang disuruh makan es krim tapi kok ya sakitnya kebangetan. Makan eskrim aja gak dinikmatin

      Delete
  8. Duh, mbak, aku bacanya ngilu. Huhuhu, tapi sekarang gimana keadaan? Udah jauh lebih baikkan?

    Salam,
    Aci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, setelah 4 minggu paska op udah seperti biasa lagi. Sekarang juga baik-baik aja gak ada keluhan, malah yang aku rasain jadi jarang pilek setelah diambil amandelnya.

      Delete
  9. postingannya penting banget nih mbak anakku juga amandel dan kemaren disuruh operasi salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo membantu mbak, salam kenal mba prana :D

      Delete
  10. Mbk pasca oprasi itu suara mendadak ilang nggak sih..
    Sura aku mendadak hilang buat ngbrol jga berat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya ilang lagi menurut aku jadi kaya gagap :((( malah sakit tiap malem baru aja di op kemarin huhu

      Delete
  11. Makasih banyak yah Mba buat sharing pengalamannya, aku juga abis Oprasi Amandel. jadi sangat terbantu dengan adanya sharing dari pengalaman Mba Revi.

    ReplyDelete

  12. Hola! I've been reading your website for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Porter Texas! Just wanted to tell you keep up the fantastic work! netflix member login

    ReplyDelete
  13. Hahaaaa...isinya kocak, padahal pas baca lgi kesakitan ��
    Sdh seminggu tersiksa gara2 habis op amandel jg, sempet pendarahan masuk ugd karena setelah 3hari coba makan beef curry rice wkwkwkk...browsing2 karena knp bisa lama skali tersiksa tenggorokan...ternyata semua hasilnya samaaaaa "kesakitan dan tersiksa" ��

    ReplyDelete
  14. Pengen banget operasi amandel cuma ya masi takut gimana ituya serem denger cerita ini aja geh langsung ngebayangin 😂

    ReplyDelete
  15. pengen bgt operasi, tapi denger cerita2nya aja udh bikin merinding 😂, apalagi yang setelah pasca op ada yang pendaharan bahkan smpe suara hilang gitu, ngomong gagap, jdi ngeri 😕

    ReplyDelete
  16. Kak aku juga abis operasi 5 hari yang lalu kalo abis operasi amandel bisa ngomong kaya biasa lagi ga sih? Skrng kalo ngomong masih berat dan pelan bgt suara nya😐

    ReplyDelete
  17. Anakku umur 7 tahun baru 3 hari lalu operasi amandel, tapi alhamdulillah malem operasi, paginya langsung bisa ngomong malah cerita2 mulu, besokannya langsung mnt masuk sekolah, ktnya ga sakit cuma nyeri sedikit, mungkin apa krn msh kecil x ya jd pulihnya cepet..😁

    ReplyDelete
  18. Kaya aku ka baru op 3 hari yg lalu 😭 rasanya nano2 bgt, semaleman nahan batuk bener2 sakit, makan juga cuma promina ayam brokoli, promina pisang, sama promina beras merah 😭 berasa kembali menjadi bayi 😭

    ReplyDelete
  19. Halo dokter revi...saya nak ato dek ya??
    Saya 48 thn. Baru kali ini ngerasain amandel bengkak dan ada nanahnya.
    Gimana tu? Apa harus operasi ya?
    Jujur saya takut banget diposisi.
    Ada cara lainkah selain operasi
    Matur nuwun jawabannya... ����

    ReplyDelete
  20. Hai kak, maaf ni mau tanya siapa tau ada yg sdh pengalaman, tentang oprasi amandel... Anak saya umur 6 th seminggu yg lalu oprasi amandel tp setelh oprasi bicara nya agak kurang jelas, td pas kontrol kebetulan lupa konsultasi sama doktrnya, itu nanti bisa kembali normal lagi kan kak bicara nya ya, klo luka bekas oprasi nya sdh benar2 sembuh.... Makash

    ReplyDelete

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

THEME BY RUMAH ES