Tuesday, May 17, 2016

4 Cara Mengenali Stroke Dengan FAST Test

Assalamualaikum.

Kalo aja ada genie in a lamp dan aku disuruh minta 3 permintaan, mungkin salah satunya adalah kembali ke masa lalu. Yaitu kembali ke saat Mama terkena serangan stroke, mungkin saat itu aku bisa menolong lebih dan dapat memperbaiki kualitas hidupnya saat ini. Mungkin aku nggak akan hanya diam dan tertegun, bingung harus berbuat apa macam mahasiswi nemu makanan yang namanya skripsi, mungkin aku bisa protes saat rumah sakit tidak memberikan pertolongan yang seharusnya diberikan. Yah, itu semua hanya kemungkinan semata. Hanya saja, kini ada perasaan dari hatiku yang terdalam bahwa hal yang aku alami 4 tahun silam janganlah sampai terjadi kepada siapapun dan jangan juga aku alami kembali. Aamiin, Aamiin dong!!!! *Aamiin kok maksa....
Okedah, udahan curcol curhat ngemut cimolnya. I'm happy and so grateful with all the things God has given me in my life now anyway.

Empat tahun yang lalu mamaku terkena serangan stroke, dan aku yang notabene masih anak SMA imut-imut tapi kurang ilmu gak tau harus ngapain saat serangan itu terjadi. Ugh! kalo diinget-inget bete sama diri sendiri yang oon banget, cuman bisa pelanga pelongo *sambil ngacai*. Oiya, kalo ada yang sama pelanga pelongo kaya aku karena bingung stroke sih sebenernya apaan. Stroke merupakan suatu keadaan yang terjadi ketika otak tidak menerima aliran darah, bisa disebabkan karena obstruksi (clotting) ataupun karena hemoragik, dimana pembuluh darah yang memasok ke otak  pecah karena tekanan darah yang sangat tinggi. Serangan stroke itu muncul secara tiba-tiba, dengan berbagai macam bentuknya, bisa:
  • Kesulitan berjalan (anggota gerak lemas)
  • Kesulitan berbicara (bibir merot)
  • Kesulitan pengelihatan (pengelihatan kabur)
  • Nyeri kepala mendadak dan terasa sangaat nyeri 

Jangan panik, kalo ada sanak saudara, ataupun orang disekitar kita yang mengalami serangan stroke. Lakukan 4 hal ini untuk mengenali apakah ini serangan stroke atau bukan. Hanya 4 hal yang sangat simpel dan sederhana yang bisa membantu siapapun itu. Mau berbuat kebaikan mudah kan? Kata siapa berbuat kebaikan itu susah? mudah kok. percaya sama aku, Jangan percaya sama setan, percaya mah sama Allah *hatchim... mamah dedeh beraksi!

Oiya, jangan juga punya anggapan kalo stroke ini hanya terjadi pada tua-tua keladi, #eh orang-orang tua dan lanjut usia maksudnya, siapa saja bisa terkena stroke loh dijaman serba modern sekarang, orang ke bulan aja bisa, apalagi cuman kena stroke. Cetek mameeen! makanya jaga kesehatan ya, olahraga teratur, makan-makanan yang sehat *dokter OZ beraksi!

Langsung aja deh, dari tadi berasa ngoceh gak karuan! Ini dia 4 cara yang disingkat jadi F.A.S.T .

  1. F untuk Face: wajah. Saat menemukan seseorang yang terkena serangan stroke pertama kita periksa wajahnya, perintahkan untuk tersenyum. Perhatikan sisi kiri dan kanannya apakah ada sisi yang tertinggal, atau terjatuh. Bila iya, berarti orang tersebut sedang mengalami serangan stroke. Nah, kalo saat itu mau telepon ambulance pake smartfren aja!
  2. Penasaran sama langkah selanjutnya apa, usaha dong! liat video kece ini nih!


Aku sebenernya pemalu loh, tapi ngebet pengen eksis! Ini sengaja aja biar videoku diliat sama emak gaoel. Kali aja, ketularan ngehitsnya, wkwkwk......
Aselinya mah, mupeng ngidam hadiah, jadi segala rupa hal rela dilakuin, yang penting halal. *kedip-kedip....

http://www.emakgaoel.com/

Sukabumi, 17 Mei mantengin Laudya Chyntia Bella di Hitam Putih, macam mama-mama rempong! Aduh-aduh kembaranku masuk tipiiiii 2016

5 comments:

  1. Makasih teh revi info nya, sangat bermanfaat sekali,apalagi didukung vidionya yg super keceeeh... (053)

    ReplyDelete
  2. Makasih teh revi info nya, sangat bermanfaat sekali,apalagi didukung vidionya yg super keceeeh... (053)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rim lah, pake kode 053 juga namanya muncul atuh. wkwkwk sama-sama sistah, itu tulus bilang keceeeh atau nyinyir doang? wkwkwwk

      Delete
  3. informatif banget mba makasih yaa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...