Monday, February 1, 2016

Stop Jadi Budak Facebook

Ngeh gak sih kalo sekarang di facebook kita bisa nonton video-video keren yang di share sama orang tanpa harus klik link-nya? istilahnya video autoplay.

Sebenernya udah sadar sama hal ini sejak tahun lalu sih, cuman baru sadar kalo itu mengganggu banget di tahun 2016 ini. Budak facebook, atau kasarnya aku bilang budak Mark Zuckerberg. Zaman dahulu kala saat dunia api belum menyerang (emangnya gafathar, #eh avatar) sebelum teknologi secanggih sekarang wkwk aku mantengin timeline facebook cuman buat baca status orang-orang. Mulai dari orang beken, artis terkenal, sampe page iklan dan status anak alay juga ikut dipantengin. Gak penting? Jelas gak penting banget, cuman baca status mereka yang cuap-cuap gak jelas, kadang ada sih yang cuap-cuapnya agak berisi dan berkualitas, tapi tak banyak juga yang hanya ngedumel doang, marah-marah gak karuan atau ngegalau sendu. Terkadang juga stalkerin gebetan ataupun mantan (bagi kalian yang punya ya, aku sih nggak) dan setelahnya nangis gulang guling kasur sambil abisin tisu sebaku (sekali lagi, aku sih nggak).



Kali ini masih sama, masih mantengin timeline facebook. Tapi udah bukan mantengin buat stalker si doi, ataupun baca status orang lain, melainkan nonton setiap video yang autoplay. Terkadang videonya emang helping banget loh, mulai dari resep, tips & trik yang jujur berguna banget. Tapi juga terkadang cuman berisi video gaje doang yang gak worth it buat ditonton.

Alhasil, waktu terbuang sia-sia, awalnya hanya 15 menit, 30 menit, 45 menit, toleransi waktu jadi 1 jam, karena udah terbiasa jadi gak kerasa waktu terlalu cepat berlalu tiba-tiba gak terasa udah 2 jam cuman mantengin timeline facebook, malah ada yang sampe seharian. Asyik ya nonton video mulu? tanpa disadari kita semua jadi budak facebook, mungkin sekarang semua orang sudah jarang membuat status di facebook seperti dulu. Karena sudah ada Line, Instagram, Path dll. Jadi posting status ataupun foto di facebook udah bukan suatu kewajiban lagi. Tapi ya itu dia, kita tetap mantengin facebook karena ada mainan lain, yaitu nonton video autoplaynya. Guna atau petaka? itu jadi pilihan masing-masing individu yang menggunakan jasa internet, tapi bagi aku sendiri cukup maksimal 30 menit saja mencari referensi video menarik dan berguna, gak perlu keterusan nonton, kalo mau nonton besok lagi ada waktu tersendiri, jangan jadi consuming time banget untuk mantengin timeline faceboook. Sekali lagi, emang asyik, tapi kalo sampe lalai waktu jadi petaka dong!

Yuk, jangan lagi jadi budak facebook. Gunakan sarana tersebut secara efisien mungkin, jangan terlalu berlebihan apalagi sampe addicted, merasa kurang kalo belum buka facebook, gak bisa lepas kalo udah buka facebook. Ingat! hal ini tidak hanya berlaku bagi facebook, tapi sarana media sosial yang lain.

4 comments:

  1. hii... salam kenal mbaRevi..

    kalo gw galah udah lama gak pernah logIn facebook lagi, sampe lupa passwordnya apa.
    sejak pilpres bbrp taun lalu.. akhirnya gw sadar, klo facebook justru jadi wadah saling menghina, menghujat dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya semua tergantung pribadi masing-masing ya mbak, mau digunakan sebagai sarana apa.

      Delete
  2. Bener sih emang sejak di Facebook bisa langsung lihat video jadi sering kebablasan nonton nya
    Untungnya walopun agak kebablasan, yang ditonton kadang berguna sih, karena sukanya nonton resep resep yang gampang untuk dipraktekkan

    Salam kenal ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...