Wednesday, February 4, 2015

World Cancer Day 2015

Gambar diambil dari sini
Kanker, bukan di luar kemampuan kita!
Dalam rangka memperingati World Cancer Day 2015 dengan tagline 'Not Beyond Us' World Cancer Day
mengingatkan kita semua agar lebih sadar untuk mencegah dan lebih proaktif untuk melawan kanker. Ini dia yang bisa kita lakukan berdasarkan World Cancer Day.org

- Healthy Life Choices

Ini mungkin terlalu klise dan sepele, seperti konsumsi makanan penuh gizi dan bebas pengawet, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, serta olahraga teratur. Tapi semua kanker bisa terjadi dikarenakan kita menganggap remeh semua hal diatas. Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya pertumbuhan dari sel-sel kanker di tubuh kita.
  • Buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin, serat, dan fitokimia, dan tentunya antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel abnormal.
  • Vitamin C, melindungi dari kanker lambung, esofagus, dan rongga mulut yang bisa kita dapatkan pada buah seperti apel,  delima,  kiwi,  anggur, stroberi, pepaya, alpukat, Sirsak, mangga, blewah,Tomat, pisang, melon, leci, semangka, nanas, markisa dan blackcurrent, rambutan. Contoh olahannya bisa dilihat di Resep Puding Rambutan. 
  • Selenium, yang dapat menjaga daya tahan tubuh bisa ditemukan pada brokoli, ubi jalar, jamur, bayam, bawang dll.
  • Vitamin E dan selenium diatas termasuk kedalam jenis antioksidan dalam tubuh yang akan melawan radikal bebas sehingga menjaga sel dari kerusakan. Bisa didapatkan di buah-buahan, sayur dan kacang-kacangan.
  • Kalsium, mengurangi kecepatan 'cell turnover' pasti tau kan salah satu minuman yang kaya akan kalsium, apa lagi kalo bukan susu. Oya, ini kalo mau baca ulasan mengenai susu kambing yang diketahui memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi di blog nya mak rodame, klik disini.
  • Kurangi konsumsi zat penyedap, zat pengawet, zat pewarna sintetik.
  • Terakhir air mineral. Minum 8 gelas sehari akan membersihkan tubuh dari berbagai zat beracun.
- Early Detection
Apa saja sih contohnya?

Kanker Serviks  
Papanicolaou smear alias Pap Smear guna mendeteksi kanker serviks. Sangat dianjurkan untuk wanita yang sudah melakukan aktivitas seksual secara aktif. Untuk wanita berusia di antara 25-49 tahun, pap smear sebaiknya dilakukan tiga tahun sekali. Sementara untuk wanita berusia di atas 49 tahun, tes ini sebaiknya dilakukan lima tahun sekali. Alangkah lebih baik juga kalo kita semua sudah melakukan vaksin HPV di layanan kesehatan terdekat, terutama bagi wanita muda yang belum menikah.

Kanker Payudara
Pemeriksaan fisik payudara sendiri (nanti insyaAllah akan saya bahas lebih lanjut ya, bagaimana pemeriksaannya) untuk mendeteksi apakah ada perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, perubahan pada puting atau pada kulit payudara. Selain pemeriksaan fisik, bisa juga dilakukan Mamogram atau pemeriksaan X-ray pada payudara untuk melihat penampakan jaringan pada payudara. Sangat disarankan untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause atau usia di atas 45 tahun. Lebih baik lagi bila dilakukan 1x dalam 3 tahun.

Kanker Prostat
Untuk pemeriksaan kanker prostat sangat disarankan bagi pria yang berusia 40-75 tahun. Karena memang secara alamiah prostat akan membesar sejalan dengan usia. Apalagi jika yang bersangkutan sering menahan buang air kecil dan mengonsumsi minum yang sedikit.
Tes yang dilakukan adalah tes terhadap Prostate Specific Antigen (PSA) yang merupakan protein yang di produksi oleh jaringan kanker prostat. Walaupun pemeriksaan ini tidak spesifik karena hasil PSA yang tinggi tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat dan tidak setiap kasus kanker prostat menunjukkan hasil PSA yang tinggi. Selanjutnya mungkin di lakukan USG

Kanker Paru
Deteksi kanker paru sangat dianjurkan untuk
  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang sedang aktif merokok atau yang berhenti merokok dalam 15 tahun terakhir.
  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang memiliki 30 ‘smoking pack years’. Cara menghitung smoking pack years adalah mengalikan jumlah batang rokok per hari dengan jumlah tahun merokok kemudian dibagi 20.  Misalnya, orang yang merokok sebanyak 10 batang rokok per hari selama 20 tahun, berarti mempunyai 10×20/20 = 10 smoking pack years.
  • Orang yang berprofesi di bidang industri yang rentan terpapar bahan kimia asbestos.
 Tes yang dilakukan berupa CT-Scan spiral dosis rendah, tapi harganya agak menguras kantong.

Kanker Usus 
Pemeriksaan Fecal occult blood test (FOBT) atau tes okultisme darah tinja, dianjurkan untuk usia antara 60-75 tahun. Tes ini dilakukan untuk memeriksa jika dalam kotoran ada darah yang disebabkan oleh kanker usus.



Dibawah ini ada beberapa quotes yang menurutku menarik dan menyadarkan diri kita. Quotes diambil dari World Cancer Day

“Cancer is a disease without borders. It affects millions of people around the world every day which is why World Cancer Day is so important. By uniting on this day, we want to raise awareness of the disease and what we need to do to reduce its devastating impact. Our ambition is to see more people survive cancer than ever before and together we can make this happen.”
Harpal Kumar,
UICC Board Member

"World Cancer Day is a day to collectively raise our voices and push for greater awareness, actively implement what we know in the areas of prevention, early detection, treatment and care and to push governments to invest in cancer control. It is a day of action and reflection, and I urge you all to get involved."
DR. Jamal Khader, UICC Board Member,

4 comments:

  1. Di KEB banyak survivor kanker, bahkan salah satu makmin yaitu Irma Senja.
    Terus berbagi tentang kanker ya, mak. Biar semakin banyak perempuan yang mawas diri :)

    ReplyDelete
  2. saya baru mudeng kemarin sore,lihat berita satu harian kok pada bahas kanker,eh ternyata hari kanker hehe..makasih mak sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak, jadi harus lebih mawas diri ya mak :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...