Wednesday, November 14, 2018

Jejamuran, Surganya Kuliner Olahan Jamur di Yogyakarta


Halo! Selamat pagi Yogyakarta.

Pagi itu, aku, Ayu sama Anya (Pradnya Paramitha Dwisiwi Prabesti), susah kan ngeja namanya? Bukan kamu doang kok, dosen-dosen aja sering belibet lidahnya. Kami bertiga tancap gas menuju Solo untuk mengikuti pelatihan hiperkes.

Tapi sebelum sampe Solo kita mampir dulu ke Yogyakarta.

Wanita yang dipanggil anya ini emang magic banget deh, perjalanan Purwokerto-Yogyakarta yang biasanya menempuh waktu 4-5 jam, dikebut dalam waktu tiga jam doang! Tapi kerennya, gak bikin mual dijalan, smooth aja gitu bawa mobilnya.

Dalem mobil nge-gosip dari aceh sampai merauke, sampe gak kerasa tau-tau udah di Yogya. Iya aku sama ayu sih gak berasa capek dan pegel, wong gak nyupirin. Si anya yang bawa mobil mah kalo ditanya, asli pegel tuh kakinya.

Emang dasar kita itu cewek-cewek mudah laper. Baru tiga jam perjalanan langsung perutnya manggil-manggil buat diisi. Nah...Anya ini nih, alias (Pradnya Paramitha Dwisiwi Prabesti) yang punya ide buat makan di salah satu resto gaul dan hits di Yogyakarta.

Jejamuran namanya, Terletak di Jl. Magelang KM.11 RT 01 RW 20 Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi Kecamatan Sleman. Aksesnya mudah banget kok di jangkau, di gugel maps juga ada, nanti kamu akan melewati RS UGM, terus tinggal ikuti jalan aja, pasti ketemu deh. Jaraknya paling cuma 500m dari alun-alun Sleman.

Oh ya, bukan karena kita bertiga vegan jadi makan di resto ini. Bukan banget, kami dilahirkan sebagai omnivora asli, makan daging dan sayur. Tapi kalo boleh milih, aku lebih doyan daging. HAHAHA....

Murni ini karena tempatnya hits aja dan dari kita berdua (aku dan ayu) gak tau tempat makan yang enak di kawasan Yogya, nah yang tau cuman Anya, akhirnya kita sambangin juga resto ini.

Tempatnya guedeee bangeet, instragamable dan bener-bener kids and family friendly. Cocok buat keluarga, bawa anak nenek kakek dan cucu, asal jangan bawa simpanan aja.

Kami memesan nasi goreng jamur dua porsi dan sate jamur satu porsi. Inginnya makan seabrek, tapi akhirnya mesen yang sesuai kantong. Minumnya es teh dan dua minuman lagi lupa banget namanya apaan, pokoknya yang ayu pesen itu wedang jahe yang ada sirihnya. Terus anya pesan minuman yang ada jamurnya, nggak sempet ngapalin namanya keburu di srupuuuuut. *sluuurp*




Pertama datang, sebenernya aku agak pesimis sama rasanya, secara ya semua menu dasarnya cuman dari jamur. Aelah, jamur doang ya rasanya gitu-gitu aja kan ya. Seenak-enaknya jamur gak akan bisa nyaingin kambing guling, gak akan terlalu jauh lah. Mentok rasa jamur.

Eh ternyata, semua yang kami pesan di telen-telen aja tuh, enak pisaaan sampe pengen nambah lagi tapi gak mampu, karena budget terbatas Hahaha....

Sate jamurnya beneran gak kerasa jamur, malah mirip rasa sate ayam, sumpah gak bohong. Bumbu sambal dari kacang tanah, rempah-rempah, cabai, yang pedasnya pas banget, gak terlalu manis, gurih, sedap dan nancap. Yang jelas dateng sempoyongan kelaperan dan pulang sempoyongan kekenyangan.



Tuh liat diatas, yang putih-putih dalem gelas, minumannya beneran ada jamurnya. Jadi bukan hanya makanan yang jejamuran, tapi sampe minuman pun pake jamur buat salah satu ingredient-nya. Nah, biar bisa dimakan tuh jamurnya, kita dikasih sumpit buat menikmati jamur in the cup. Dimana lagi coba bisa minum tapi pake sumpit? kecuali disini. Makanya mampir yuk!

Harga makanan berkisar 20 - 50 ribu, dan minuman dari 5 - 30 ribu. Duh sebenernya aku juga rada lupa sama harga minumannya, cmiiw yaaaa.

Yang jelas buat kantong mahasiswa fresh graduate kaya aku, agaknya ini kemahalan. Apalagi kita-kita yang biasa makan di warteg dan lamongan menu nasi ayam lalapan + es teh limabelasrebu horeee!!!

Tapi kalo untuk budget keluarga, ini pas banget, gak terlalu mahal dan gak kemurahan. Dengan tempat yang nyaman dan luas, lumayan banget lah buat menghabiskan weekend bareng orang tersayang.


Tempatnya juga cozy banget, toiletnya bersih, lahannya luas, ada kolam ikan yang bisa kita kasih makan hanya dengan duit goceng yang ditukar dengan pakan ikan. Anak-anak dijamin bakalan heppy banget, sibuk ngasih makan buat ikan-ikan, pegawai rumah makan juga terbantu, and that's you can call it simbiosis mutualisme. #preeet...

Ini sih usaha cerdas dari pemilik resto aja. muehehehe...


Yang paling menarik perhatian adalah adanya iktioterapi atau terapi ikan yang tersedia GRATIS buat pengunjung. Garis bawahi tuh kata gratis, sampe aku capslock. Udah gitu gratisnya tanpa dibatasi waktu lagi. Biasanya kan kalian nemuin terapi ikan di tempat wisata dan itu harus bayar, heloooow disini bisa dinikmati secara gratis tes tos.

Sebagai pecinta gretongan, aku ya manatahaaan? Udah diniatin selesai makan bakalan langsung celup-celup. Ini salah satu celup-celupan yang gak usah dijilat atau diputerin dulu, langsung aja 'clup'.

Etdaaaaah emang dasar si revi, baru nyoba 10 detik doang langsung merem melek gemeter kegelian, gak tahan lama-lama, kaya digelitikin sama seribu orang. Aku angkat kaki langsung daaah. Cemeen banget emang.


Di Jejamuran ini juga banyak spot-spot untuk foto, salah satunya dibawah ini nih. Pojok jejamuran yang menampilkan beragam jenis jamur yang tumbuh dan bisa dimakan disini. Kereen banget yah alam Indonesia ini, beneran tongkat kayu dan batu jadi tanaman, enak dimakan pula. Bilang apa?

Alhamdulillah...





Ditemani dengan semilir angin, gemericik air dan ikan yang berenang disekeliling, kami menikmati hidangan jejamuran, nelen sambil merem melek. Diiringi musik gamelan jawa yang semakin membuat suasana semakin syahdu, romantis dan sangat kearifan lokal sekali.

Romantisan sambil ketawa geli pas nyelupin kaki di terapi ikan sama anya dan ayu. Yihaaaa...

Bukan di Yogyakarta, 11 Oktober Sangat hareudang mode on 2018

Ini bukan sponsored post, aku gak dibayar sama sekali apalagi dipaksa sama pihak resto. Ini asli pengen posting karena kemarin bahagia banget bisa mampir dan makan disini.

JEJAMURAN

Alamat: 
Jalan Pendowoharjo Niron RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo, Sleman Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55512

Open:
09.00 AM - 21.10 PM

www.jejamuran.com

14 comments:

  1. aaaa aku pernah ke sinii, enak bgt tempatnya.. aq paling suka sate jamur, rasanya percisss ciss bgt sate ayam. waaa jd pengen ke sana lagi...

    ReplyDelete
  2. Ga pernah kuat sama terapi ikan, geli hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Waah baru tau ada tempat kece kayak gini di Yogyakarta
    Kapan2 kalo lagi kesana mampir ah
    Thanks for sharing Teh hehe

    ReplyDelete
  4. Noted! masukin list tempat yg harus dikunjungi pas ke yogya.. btw fungsi terapi ikan itu untuk menyembuhkan apa teh?

    ReplyDelete
  5. mama sha pasti sueneng kalo diajakin ke sini, sering masak jamuuur di rumah

    ReplyDelete
  6. Penasaran banget sama Jejamuran ini.. semoga tahun depan bisa kesampean..

    ReplyDelete
  7. penasaran niih, apalagi sama minuman yang ada jamurnya .. heemmmm .
    klo ke jogja ntar mampir ah ke sanaa , sumpah jd pengen nyoba olahan-olahannya hihi

    ReplyDelete
  8. minuman yg ada jamurnya, rasanya gimana teh? suka ngebayangin yg aneh2 nih kadang akutu haha btw thanks udh sharing ya tehh semoga kalo ke Jogja bisa ke jejamuran yeay

    ReplyDelete
  9. Eh kok aku penasaran sama minuman yang ingredients nya pake jamur. Gimana rasanya ya ��

    ReplyDelete
  10. ntar kalo mudik ke solo..mampir dl nengokin jejamuran ah..makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  11. aku kalo ada yg nulis soal kuliner, jadi laper wkwk

    ReplyDelete
  12. Wah wah aku belum sempat mampir kesini nih, next ke Jogja lagi kesini ah. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  13. Aku pernah ke sini tahun 2012 kalo ga salah dan masih inget banget rasanya, soalnya enak! Ga berasa kalo yang dimakan tuh bahan dasarnya jamur semua. Kalo ke Jogja, mesti banget ke Jejamuran sih. Maknyussss

    ReplyDelete
  14. Memang benar, ini bukan tempat gaul anak muda tapi lebih cocok buat keluarga besar sampai nenek2 & cucu2 heheheee. Kalau lagi pengin makan jamur aku selalu kesini karena tempat & makananya bersih, & pelayannya selalu standby per beberapa meja. Tertib.

    ReplyDelete

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES