Friday, October 5, 2018

Cara Membuat About Me di Sidebar Blog


Hai!

Balik lagi sama Techno Friday! Minggu ini mau bahas tentang cara membuat about me di sidebar blog. About me ini yang itu loooh.... isinya foto sama cuplikan latar belakang yang punya blog, deskripsi diri sama deskripsi blog secara singkat. Biar pembaca tau siapa yang nulis.

Pendeknya mah profil singkat pemilik blog. Biasanya ditaruh di sidebar blog.

Sebenernya di blogspot sendiri udah punya widget bawaan about me untuk dipasang di sidebar. Tinggal ke menu Tata letak > Tambahkan gadget > Profil > lalu simpan. Kamu bakalan punya deskripsi diri dan deskripsi blog di sidebar blog dengan tampilan bawaan.

Kaya gini nih


Masalah kalo pake widget bawaan dari blogspot itu gak bisa ngatur margin untuk tulisan deskripsi diri, dan tampilannya biasa aja gitu, mbosenin.

Tapi kalo buat kalian yang udah puas dengan tampilan profil diri di sidebar blog yang kaya diatas, berarti yaudah. Sampe sini aja. Gapapa kok nggak nerusin baca sampe bawah. Tapi kalo mau tampilannya jadi kaya gini.

Boleh banget untuk melanjutkan scrollnya kebawah, dan lanjutin baca langkah-langkahnya. Aku jamin gak ribet, serius!

1. Log in ke blogger

2. Buat postingan baru/ Entri Baru / Create a New Post
3. Upload foto diri (kaya biasa kalian menyisipkan foto ke postingan)


Saran, sebaiknya fotonya diedit terlebih dahulu. Untuk desain foto sesuai selera masing-masing, ada yang di crop jadi square, circle, atau oval kaya punyaku. Ada yang ditambahin hiasan, ada yang polos.

Terus ukuran fotonya jangan terlalu besar, dan sesuaikan dengan sidebar, soalnya kan sidebar itu kecil. Ukuran sidebarku 320 jadi fotoku harus lebih kecil tapi jangan terlalu kecil juga.

Ukuran fotoku 250x340 jadinya segede gini, kalo ukuran foto kalian tinggal sesuaikan aja sama sidebar masing-masing biar bisa pas sidebar.

Kalo bingung desain foto 'about me' nya mau kaya gimana, mungkin bisa liat-liat dulu dari beberapa desain dari Designyourownblog dibawah ini.

Nah, kalo udah punya ide bisa dilanjutkan lagi ke langkah selanjutnya.

Nah, kalo udah punya ide bisa dilanjutkan lagi ke langkah selanjutnya.

4. Tulis Profil singkat di bawah foto. (deskripsi diri dan deskripsi blog) sesuai yang kalian ingin tampilkan di sidebar blog



5. Klik HTML --> Di pojok kiri atas




Jadi sebenernya ini sama persis kaya kalian buat postingan untuk blog, tapi nanti kalian bakalan butuh kode HTML, which is kalian harus ganti dulu Compose -> HTML

Kenapa?

Karena nanti kode html itu akan disulap langsung jadi tampilan about me-nya kita, setelah di tambahkan ke sidebar.

6. Copy (Ctrl+C) SEMUA kode HTML


7. Klik Tata Letak > Tambahkan Gadget > Tambahkan HTML (Logo yang aku lingkari dibawah ini)


8. Paste (Ctrl+V) kode HTML yang tadi di copy di kolom konten. Judulnya terserah mau dikasih Hai, Hello, Aloha, Assalamualaikum juga boleh kok. Seteraaaaaah, sesuai selera. Kalo punyaku, karena difoto udah ada 'Hello' nya, jadi kolom Judul aku kosongin.
Jangan lupa Simpan dan selesai deh!

Gampang banget kan? Kalo ada yang bingung dengan cara pemasangannya bisa tinggal tanya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Sukabumi, 05 Oktober Ditemani playlist spotify, mari menggalau 2018

4 comments:

  1. Dari dulu pgn bikin kayak gini, cuma kayaknya susah tp abis baca postingan dikau ini. Ternyata nggak susah ya, Mbk. Makasih sharenta yak.

    ReplyDelete
  2. kayaknya nanti saya bakalan buat juga deh, whehehe... meskipun udah punya halaman profil khusus... but,, yah you knowlah, ngasih impress ke visitor yang baru datang itu penting, salah satunya about me yang eye catching

    ReplyDelete
  3. Saya juga bikinnya model gini mbak.. tapi saya simpan Di Page (Blogspot) kali aja suatu hari saya butuh edit2 lagi.. hihi. saya bisa link di Top navigation dan lain-lain.. enaknya kalo dipage meskipun udah publish tapi gak seperti postingan blog ya.. ? Bisa juga buat landing page tinggal bagian search appearance-nya di redirect ke alamat Url pagenya.

    ReplyDelete
  4. Ohhhhhhhh ya ampun ternyata begitu ya caranya. Jadi pengen nyobain.

    ReplyDelete

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

THEME BY RUMAH ES