Friday, April 27, 2018

Tips Anti Galau Tempuh Perjalanan Panjang dengan Bus AKAP

Assalamualaikum.




foto:viva.co.id/Ikhwan Yanuar

Pernah naik bus malam? aku sih awal-awal kuliah dan masih boke sering banget naik bus malam, soalnya bus jaman now enak sih, ac nya adem, gak desek-desekan. Yaiyalah, kalo bus yang eksekutif mah wkwkwk. Sama dengan halnya kereta, naik bus malam juga perlu banget mikirin beli tiketnya.

Tapi, apakah naik bus malam cuma perlu memikirkan beli tiket bus saja? Wah nggak semudah itu.

Ternyata berpetualang bareng bus yang menempuh perjalanan panjang itu butuh banyak persiapan ekstra. Bukan hanya sekadar materi, tapi juga mental karena bus nggak seperti pesawat atau kereta api yang selalu tepat waktu, kecuali delay gara-gara kendala teknis. Untuk kamu yang sudah memberanikan diri untuk berpetualang dengan mencari tiket bus malam, berikut adalah beberapa tips agar nggak galau sepanjang perjalanan.

Beli Tiket Bus di Agen Resmi

Jaman sudah milik kaum millennial, nggak laku kalau masih beli tiket di calo. Beli langsung di agen resmi, apalagi sekarang makin banyak perusahaan otobus yang terintegrasi dengan aplikasi booking tiket bus online, seperti Traveloka. Tinggal mainkan jemarimu, bayar, tiket bus pun sampai di tangan dan nggak khawatir kehabisan.

Pilih Bus dengan Toilet

foto:gotourjogja.com

Untuk perjalanan jauh dan memakan waktu lebih dari sehari, sebaiknya pilih bus yang dilengkapi dengan toilet. Gunanya? Tentu saja supaya kamu tetap aman ketika pencernaan agak ‘bertingkah.’ Karena nggak mungkin bus berhenti gara-gara kamu sakit perut, selalu perhatikan pilihan sejak awal. Pastikan bahwa bus pesananmu dilengkapi dengan toilet. 

Letakkan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Jangan sekali-sekali menempatkan barang berharga di tempat yang nggak bisa kamu awasi. Bawalah tas kecil untuk menempatkan dompet, kartu-kartu identitas, dan benda-benda berharga lainnya agar selalu di dekatmu. Begitu juga dengan laptop, kamera, dan lain sebagainya, tempatkan pada kompartemen di atas kepala atau taruh di bawah kursi penumpang depanmu.
Baca juga : Sedihnya Anak Rantau

Saat Turun, Bawa Barang Berharga

Meskipun cuma untuk makan malam atau sarapan, bawalah barang-barang berharga. Bukan maksudnya nggak percaya dengan keamanan bus, tapi lebih baik waspada sejak dini karena kalau barangmu hilang, nggak ada yang bakal berani menggantinya.

Bawa Air Minum dan Camilan


foto:krybershipperlover.wordpress.com

Bus malam biasanya memberikan jatah beberapa kali makan dan snack gratis kepada penumpang. Tapi untuk kepuasan diri sendiri, serta mengusir rasa bosan, bawalah air minum dan camilan kesukaanmu. Bisa untuk mengganjal perut yang lapar dan tenggorokan yang kering di tengah perjalanan.

Bawa Jaket dan Kaos Kaki

Jaket dan kaos kaki adalah untuk persiapan karena kebanyakan AC bus dinyakan dengan temperatur yang cukup dingin. Kalau siang mungkin nggak masalah, tapi begitu malam tiba, dinginnya sampai menusuk tulang. Tapi kadang perusahaan bus yang memiliki pelayanan prima akan menyediakan selimut bagi penumpang supaya nggak kedinginan dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

Bawa Power Bank

 


foto:trademe.co.nz

Untuk perjalanan yang sangat panjang, bawalah power bank untuk mengisi ulang baterai smartphone yang mulai tandas karena kelamaan dipakai main game. Kebetulan kebanyakan bus jaman sekarang dilengkapi dengan colokan listrik yang biasanya ada di kompartemen atas. Jadi setelah dipakai isi ulang baterai, power bank bisa dicolokkan ke listrik agar dayanya kembali terisi.

Bepergian dengan modal tiket bus malam bukan berarti mati bosan di tengah perjalanan. Dengan tips-tips anti galau di atas, dijamin kamu bakal menikmati petualangan dengan menyusuri rute darat. Kalau sudah punya rencana liburan, segera temukan dan booking tiket bus untuk sebuah pengalaman traveling yang baru.

Purwokerto

27 April 2018

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...