Tuesday, October 24, 2017

Jalan-Jalan ke Taman Bungkul Surabaya, yang Terbaik di Asia Versi PBB


sumber:kompaswisata.com
Assalamualaikum

Kesan pertama kali aku ke Surabaya, bagiku itu 'wow' banget. Rame sih macam jakarta, panas juga sih, tapi kok menyenangkan ya berlibur disana. Adekku kuliah disana, jadi aku sempat berlibur untuk beberapa hari. Sampai sekarang masih ketagihan buat balik lagi ke Surabaya. Apalagi dengan kondisi Surabaya yang sekarang, kata orang bilang, banyak banget perubahan yang lebih baik. Tata kota lebih rapih, lebih bersih dan bikin nyaman banget liburan di Surabaya.

Sejak beberapa tahun belakangan, taman-taman di Kota Surabaya ini ternyata memang berbenah dan menunjukkan perbaikan yang drastis. Sekarang, taman-taman ini tak hanya menjadi tempat bersantai warga sekitar, tapi juga menjadi tempat wisata di Surabaya yang ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satu yang paling cantik adalah Taman Bungkul. Tidak hanya sekedar indah, taman ini juga memiliki sejarah dan kisah menarik di baliknya. Nih ya, kabar bombastisnya.....

Terbaik di Asia

Pada tahun 2013 lalu, Taman Bungkul dinobatkan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik di Asia. Tentu saja, penghargaan ini diberikan bukan tanpa alasan. Penghargaan ini diberikan pada 26 November 2013 dan diserahkan di Jepang. Karena penghargaan inilah, Taman Bungkul menjadi salah satu taman yang paling dibanggakan oleh masyarakat Surabaya.

 

sumber:justgola.com

Fasilitas Lengkap

Taman seluas 900 meter persegi ini memiliki fasilitas lengkap untuk semua usia. Di dalamnya terdapat pohon-pohon rindang, dan bangku-bangku taman yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat.

Bagi anak muda, terdapat fasilitas berupa arena skateboard dan juga sepeda BMX. Selain itu juga ada panggung untuk pertunjukan apapun, seperti musik atau teater dan juga sarana WiFi gratis. Sementara untuk keluarga, di Taman Bungkul terdapat kolam air mancur yang cantik, jogging track untuk berolahraga dan juga taman bermain untuk anak-anak.

Pujasera

Lelah setelah melakukan berbagai kegiatan di Taman Bungkul, kamu bisa mengisi perut di pujasera yang ada di sekitar taman. Meski sudah ditata rapi, namun pemerintah Kota Surabaya tidak menggusur para PKL yang sudah lama berdagang di sana. Mereka diberikan tempat yang dikenal dengan sentra PKL, dan para pembeli dan pedagang bisa bertransaksi dengan nyaman.


sumber:wisatajatim.info

Makam Sunan Bungkul

Sosok yang juga dikenal dengan nama Mbah Bungkul ini adalah sosok yang berpengaruh pada penyebaran agama Islam di kawasan Surabaya. Karena keberadaan Mbah Bungkul pula, tempat ini dinamakan Taman Bungkul, seperti sosok berpengaruh yang ada di belakangnya. Makam Mbah 

Bungkul sendiri terletak di belakang Taman Bungkul, dan setiap hari selalu ramai dengan peziarah. Bagian dalam makam Mbah Bungkul sendiri sangat sederhana, seperti makam Jawa pada umumnya. Yang membedakan hanyalah kain putih yang diikatkan pada bangunan makam, yang menjadi tanda bahwa itu adalah tempat Mbah Bungkul disemayamkan.

Air Minum Gratis

Pemerintah Kota Surabaya memberikan fasilitas berupa air minum gratis untuk pengunjung Taman Bungkul. Di beberapa sudut tempat wisata ini, terdapat kran air bersih yang langsung bisa diminum. Pengunjung tinggal membawa botol atau gelas untuk diisi air, jadi menghemat biaya untuk membeli minuman.
 

sumber:reresapan.com

Mudah Dijangkau

Lokasi Taman Bungkul terletak di lokasi yang mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Taman ini sendiri buka selama 24 jam, namun jelas dilarang bagi kaum muda untuk melakukan hal asusila di tempat ini.

Dari berbagai sudut kota Surabaya, Taman Bungkul menjadi lokasi yang mudah ditemukan. Mencarinya di google maps pun mudah, jadi kamu nggak bakal kesasar kalau main tempat wisata ini.

Dengan semua fasilitas yang dimiliki Taman Bungkul, nggak heran kalau lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Surabaya. Baik keluarga maupun kaum muda, semua senang bermain di taman ini. Apalagi tempatnya sudah lengkap dengan pujasera yang menyediakan banyak makanan khas Surabaya seperti lontong balap dan banyak kuliner unik lain.

Purwokerto

24 Oktober "Surabaya terbaik" 2017 
 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...