Sunday, September 17, 2017

4 Situs Penyedia Gambar Gratis


Assalamu'alaikum.

Ngeblog di era sekarang emang lebih challenging dibanding tahun tahun kebelakang, yang tertarik sama blog semakin banyak, kontennya juga gak kalah kece. Semua blogger berusaha jadi lebih kreatif dan informatif semaksimal mungkin. Aku ya gak mau ketinggalan, harus ikutan kreatif dan ikutan informatif juga. Makanya berusaha buat posting konten dengan memanfaatkan segala kemampuan dan bahan yang tersedia.

Ngomong-ngomong tentang postingan. Sering iri gak sih sama para blogger yang punya senjata kamera yang apik buat jepret foto untuk ditempel di blognya.

Ih, aku mah iya, iya; sirik banget. Tapi dibilang sirik tanda tak mampu ya gak mau lah yaw, walaupun emang gak punya kamera macam begituan, modal hape segenggaman tangan aja buatku berasa punya kamera moncong panjang.

Terus bahkan ada blogger yang niat pinjam kamera, rental kamera cuman buat mengambil foto yang resolusinya oke, dan tentunya hasilnya memuaskan. Kalo foto untuk postingan travelling sih jelas yah, fotonya biasanya berasal dari kamera pribadi.


Tapi gimana foto buat postingan yang bukan tentang travelling, kadang susah-susah gampang cari gambar yang sesuai sama postingan kita. Mau ambil foto dari mbah gugel, gak semua foto bisa kita gunakan secara bebas, kalopun boleh, harus cantumin sumbernya. Lah terus harus gimana dong?

Ini dia, aku kasih solusinya.

Beberapa situs dibawah ini menyediakan free image buat blog, free, gratis, gak harus bayar, gak harus nyantumin sumber.

These website provides so many pictures even for commercial use. Waah, kalap banget dah waktu pertama masuk webnya.


Contoh gambar yang dicomot dari Unsplash

Gifted by the world’s most generous community of photographers. Ini situs yang paling sering aku kunjungi, disini kita bisa download foto secara gratis tanpa harus daftar dan asiknya lagi foto boleh di edit sendiri. Terus stok fotonya banyak banget dan hasil jepretannya emejing. Makasih ya abang none fotografer yang mau bagi-bagi fotonya secara gratis. Kalo mau ngasih credit direkomendasikan banget.


Contoh gambar yang dicomot dari Pixabay

Disini juga kita bisa download foto secara gratis, tapi harus sign up dulu. Daftar pake email aja cukup kok, abis itu tinggal seluncuran deh nyari foto-foto yang pas buat konten yang kita post.


Contoh gambar yang dicomot dari FFCU

Dari judulnya aja udah tau kan ya, free for commercial use. Boleh tuh dicomot fotonya, gratis pula. Nggak baek gimana lagi. Oiya, di situs ini juga gak perlu sign up dulu, jadi bisa langsung download semua kita. Satu hal lagi yang menurutku poin plus, ukuran gambarnya cukup besar 10 MB, jadi kualitas dari resolusinya juga makin tajam.

Contoh gambar yang dicomot dari Splitshire

Di situs ini kita bisa download banyak gambar, dan gak harus daftar dulu. Walaupun memang gambar yang disediakan gak sebanyak unsplash, tapi lumayan lah buat stok foto untuk mendukung postingan kita di blog.

***

Terakhir, emang sih, gak mengharuskan untuk nyantumin sumber, tapi kalo misalkan mau kasih credit buat si empunya gambar, silahkan itu lebih baik dan satu hal lagi walaupun emang sebenernya lebih baik pake gambar yang di jepret sendiri, tapi apa salahnya kita memanfaatkan segala resource yang ada biar tampilan blog makin kece, kekinian dan keminyis-keminyis setiap saat.

I guess that's all everyone. Hope it'll help you out, bhaayyyyy...

Purwokerto 
17 September 2017

Ini gak nyambung sama postingan sih, cuman lagi kepikiran aja tentang attitude. Little thing sih, tapi bisa membuat banyak perbedaan, bahkan bisa buat rasa gak suka. Makanya bener banget nih "watch your attitude, it's the first thing people notice about you." Kayanya besok besok asik nih bahas tentang attitude

25 comments:

  1. Makasih sharingnyaaa mbaaaak. Foto"nyaa ciamiiikkkk 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mbak lucky, ciamik cantiks 🤗

      Delete
  2. Waini.. seringkali kita perlu gambar yg gaktenang kalo dipakai dalam artikel terkait hak cipta.. dengan adanya pixabay dkk. Jadi tenang lah memakainya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nyomot seenaknya sering buat was was

      Delete
  3. Referensi pertama aku sih Pixabay tapi kayaknya unsplash dan kawan-kawannya boleh juga deh aku lirik ((lirik)))). Makasih sharingnya ya, Mak. :)

    ReplyDelete
  4. Langsung ditandai nih. Bermanfaat sekali infonya. Terimakasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syama syamaaa, and thank you for coming 😘

      Delete
  5. Aku seringnya pixabay mba. Waah .. jd punya referensi yg lain juga nih. Tq infonya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba merida merry 😍 Duh senengnya blogku didatengin

      Delete
  6. Saya sekarang lebih seneng ngambil dari pixabay, cz pilihan gambarnya banyak dan bagus-bagus.

    ReplyDelete
  7. Walaupun selama ini usaha pakai foto sendiri, tetap catet ah alamat-alamatnya...siapa tahu suatu saat butuh...hihihi. Thanks for sharing ya mak. blognya ketjeh...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih mba sharingnya... Manfaat banget

    ReplyDelete
  9. Wah tambah referensi nih, makasih mak �� kalau saya suka comot gambar di pexels dan pixabay

    ReplyDelete
  10. Biasanya aku pakai pixabay, mba. Boleh nih coba yg lain. Thank you Mba sharingnya :)

    ReplyDelete
  11. Saya tahunya Pixabay doang. Rupanya masih banyak yang lain yaa ^_^ Terima kasih sharing informasinya mbak.

    ReplyDelete
  12. Pixabay aja aku baru tau kemarin lho mbak haha..baru pake sekali apa dua kali gitu lupa. eh udah nambah aja referensinya. Thanks for sharing ya mbak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...