Monday, February 10, 2014

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Gambar diambil dari sini
Ceritanya nih saya mau masak rendang, tapi biasanya rendang yang dibuat dari bahan dasar daging sapi atau kambing ini suka agak liat, keras dan sulit untuk dimakan. Kalaupun kepingin empuk biasanya masaknya agak lama, jadi boros gas deh. Nah buat ngakalin biar dagingnya empuk dan uenak ketika udah siap dihidangkan, saya punya beberapa tips yang sudah di uji coba di dapur. hehe, ini dia tips-nya semoga membantu.


  • Nih biasanya suka jadi kebiasaan para ibu di dapur, 'terlalu lama bersihin dan rendam daging pake air' ahihi... sebelumnya saya juga begitu sih. Celakanya kalo udah terlalu lama direndam dalam air nanti daging akan berwarna pucat dan hambar loh, selain itu ternyata terlalu lama merendam daging juga bisa buat daging jadi lebih keras.
  • Memukul mukul daging, serem juga ya. hehe... Coba pukul-pukulkan daging dengan alat pemukul daging yang bentuknya agak bergerigi. Ini cukup ampuh buat daging jadi empuk
  • Tips yang kedua. Jangan langsung merebus daging dengan air panas, coba rebus dahulu dengan air yang dingin (tapi gak usah sedingin es juga sih). Soalnya kalau langsung direbus dengan air panas, pori-pori daging akan langsung tertutup, nah loh kagak bisa kebuka lagi. Rebusnya sekitar 30 menit juga cukup.
  • Jangan potong daging mengikuti seratnya, tapi potong berlawanan dengan arah serat daging.
  • Ini dia tips jitu yang saya gunakan, lumurkan parutan buah nanas secukupnya di atas permukaan daging sebelum dagingnya direbus. Oh ya, kalo gak ada buah nanas bisa pakai daun pepaya. Caranya dengan membalut daging dengan daun pepaya dan dibiarkan kurang lebih sekitar 30 menit saja, jangan terlalu lama.

8 comments:

  1. Makasih tipsnya, Mak

    Salam kenal ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak, salam kenal juga. thanks udah mampir yaaa :)

      Delete
  2. Kalau direbus dg air dingin biasanya darahnya bercampur dg air mak...jd kuahnya keruh...bila sdh mendidih...bgm itu mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu ya mak? hmmm... tapi kalo menurut saya sih ya, keruh juga kan gak akan mengganggu penampilan dari masakannya setelah jadi, soalnya nanti sudah tercampur sama bumbu yang lain. iya nggak mak? hehe

      Delete
  3. semoga bermanfaat bagi yang suka memasak

    ReplyDelete
  4. Kalo ibukku biasanya nyemplungin garpu di dalam rebusan daging itu ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, tapi gak bahaya ya? hehe bahan dari garpunya takut becampur sama dagingnya. kalo ditusuk ke dagingnya pas udah setengah matang, saya pernah coba. hehe, dan lumayan berhasil. dagingya empuk.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...