Monday, October 14, 2013

Gimana Rasanya Coba Skin Prick Test (Tes Alergi)

Skin Prick Test
Gambar diambil disini
Bagi teman-teman yang ingin tahu tubuhnya alergi akan apa, bulan kemarin saya melakukan tes alergi di Rumah Sakit Kartika Sukabumi. Yaitu Skin Prick Test atau tes tusuk kulit yang merupakan salah satu macam tes alergi yang dilakukan pada kulit dengan cara ditusuk karena saya terkena sinusitis dan alergi itulah pencetusnya. Tes ini dilakukan untuk memeriksa alergi terhadap alergen yang dihirup dan makanan.

Salah satu contoh alergen hirup diantaranya yaitu tungau debu, serpihan kulit manusia, serpihan kulit ayam, serpihan kulit anjing, serpihan kulit kucing, serpihan kulit kuda, tepung sari rumput, tepung sari padi, tepung sari jagung, spora jamur dan kecoa.

Sedangkan yang termasuk alergen makanan diantaranya yaitu udang, kepiting, bandeng, kakap, kuning telur, wortel, tomat, kedele, kacang tanah, kacang mete, coklat, putih telur, kerang, nanas, kopi, susu sapi, teh, ayam negeri, tongkol dan yang terakhir itu cumi-cumi dan gandum.

Ingin tau gimana cara melakukan tes ini? Let's check it out!

Tes ini dilakukan dikulit lengan bawah, nah awalnya ditandai dulu titik-titik mana yang akan di tusukkan alergen. Selanjutnya alergen di uji dengan cara ditusukkan pada kulit yang sebelumnya sudah ditandai, bagi teman-teman yang takut akan jarum tenang saja, panjang jarumnya cuma 2 mm kok, jadi kulit kita nggak bakalan berdarah.

Waktu tes saya nggak sempat dokumentasi, lagipula itu kan aurat yaaa, hehe
Gambar diambil dari sini
Tinggal tunggu kurang lebih 15-30 menit, jika positif alergi terhadap alergen yang ditusukkan maka kulit yang ditusukkan akan timbul bentol, merah dan berasa gatal.

Nah, hasil dari tes alergi yang saya lakukan kemarin saya positif alergi terhadap debu (tungau) dan coklat.

2 comments:

  1. Wah alergi coklat ya... sayang bgt hehe
    Moga sinusnya bisa reda dan sembuh. Btw bayar berapa ya kalau tes alergi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener-bener sangat disayangkan. :( Aamiin. Kemarin saya 350rb.

      Delete

Mohon tidak menuliskan Link hidup & Spam. Hatur Nuhun
SPAM & LINK Will be deleted!

THEME BY RUMAH ES