Tuesday, October 29, 2013

Teruntuk

Kamu tersenyum saat membaca tulisan-tulisanku, padahal, aku menulis karena melihat senyumanmu.

Sunday, October 27, 2013

Sabtu, 01 Oktober 1994

Sudah lebih 3 minggu sejak hari ulang tahunku yang ke 19, merasa sudah sangat tua sekali. Ini tahun terakhir masih bisa jadi teenager. Di tahun ini, aku gak posting apapun mengenai umurku gara-gara kuliah lagi riweuh-riweuhnya ujian, jadi gak sempet. Ini aja baru selesai blok endokrin dan metabolisme atau biasa kita sebut ENDMET yang berakhir dengan 2 minggu berturut-turut ujian karena harus remedial.
Hmmmm -_-... (Jangan disesali, ini kemauan ibumu nduuuk, insyaAllah berkah)

Hari ulang tahun kemarin ibu sama ayah gak ngasih hadiah apapun, katanya di pending dulu ya nak hadiahnya, mau beliin sesuatu buat adekmu. Sebenernya aku gak menuntut hadiah apapun kok, keberadaan kalian dirumah dengan keadaan sehat wal'afiat sudah menjadi kado terindah Tuhan untukku. Dihari itu ibu sms seperti ini:

" Sabtu itu jam sepuluh pagi, sembilan belas tahun yang lalu. Mamah sedang menyanyi bersama anak-anak di kelas, dan terhenti karena ada sesuatu yang dirasa mau keluar dari perut mamah. Yang selalu ditunggu-tunggu mamah dan papah selama ini. Kini, mamah urus sebesar kemampuan mamah, walau kadang yang diurus tidak puas, maafkan mamah. Kini kamu telah dewasa. Selamat Ulang Tahun, semoga tercapai cita-citamu nak, itu doa mamah dan papah. Kadonya nanti ya, ini mamah kirim pulsa dulu aja."Aku masih menangis sekarang ketika kuketik ulang sms ibu disini.

Ibu, sungguh aku bahagia dengan posisiku sekarang, aku merasa cukup, dan aku pun bahagia telah memilih jalan hidup seperti ini, kau tahu ini memang bukan cita-cita yang kuinginkan, ibu tahu bahwa aku ingin seperti adikmu, menjadi seorang arsitek. Sejak dulu setiap kita berkunjung ke kebun binatang Bandung, selalu tersirat impianku untuk menganyam pendidikan di gedung dekat kebun binatang tersebut. (apalagi kalau bukan itebe).
Tapi lewat ini aku utarakan, sungguh ini yang aku cita-citakan khusus untukmu, karena cita-citaku yang kupilih spesial untukmu ini selalu tersemat dalam do'a mu dengan indah. Aku ingin menjadi apa yang ibu inginkan, karena aku tahu Ridho Allah tersampaikan pada Ridho-mu.

Sebenarnya ingin aku sampaikan hal ini Ibu, banyak sekali saran darimu yang mendatangkan kebaikan dalam hidupku. Salah satunya ketika Ibu menyuruhku untuk daftar fk. Padahal ibu tahu, nilaiku ini bukan kriteria yang layak untuk masuk fk, tapi Allah memberikanku peluang untuk berjuang di jalan ini. Do'amu serta kebaikan Allah bersatu padu menjadikan hal yang kuanggap mustahil menjadi mungkin, dan banyak lagi beribu kemustahilan yang menjadi mungkin terjadi disini ibu. Sungguh do'amu serta Allah disisiku yang selalu ada disetiap aku merasa sedih dan bahagia menjadi satu-satunya obat dan pijakan langkahku di dunia.

Lewat sini, aku titipkan kangenku yang teramat dalam untukmu. Semoga ibu selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Teteh sayang ibu.

Sunday, October 13, 2013

Skin Prick Test (Tes Alergi)

Skin Prick Test
Gambar diambil disini
Bagi teman-teman yang ingin tahu tubuhnya alergi akan apa, bulan kemarin saya melakukan tes alergi di Rumah Sakit Kartika Sukabumi. Yaitu Skin Prick Test atau tes tusuk kulit yang merupakan salah satu macam tes alergi yang dilakukan pada kulit dengan cara ditusuk karena saya terkena sinusitis dan alergi itulah pencetusnya. Tes ini dilakukan untuk memeriksa alergi terhadap alergen yang dihirup dan makanan.

Salah satu contoh alergen hirup diantaranya yaitu tungau debu, serpihan kulit manusia, serpihan kulit ayam, serpihan kulit anjing, serpihan kulit kucing, serpihan kulit kuda, tepung sari rumput, tepung sari padi, tepung sari jagung, spora jamur dan kecoa.

Sedangkan yang termasuk alergen makanan diantaranya yaitu udang, kepiting, bandeng, kakap, kuning telur, wortel, tomat, kedele, kacang tanah, kacang mete, coklat, putih telur, kerang, nanas, kopi, susu sapi, teh, ayam negeri, tongkol dan yang terakhir itu cumi-cumi dan gandum.

Ingin tau gimana cara melakukan tes ini? Let's check it out!

Tes ini dilakukan dikulit lengan bawah, nah awalnya ditandai dulu titik-titik mana yang akan di tusukkan alergen. Selanjutnya alergen di uji dengan cara ditusukkan pada kulit yang sebelumnya sudah ditandai, bagi teman-teman yang takut akan jarum tenang saja, panjang jarumnya cuma 2 mm kok, jadi kulit kita nggak bakalan berdarah.

Waktu tes saya nggak sempat dokumentasi, lagipula itu kan aurat yaaa, hehe
Gambar diambil dari sini
Tinggal tunggu kurang lebih 15-30 menit, jika positif alergi terhadap alergen yang ditusukkan maka kulit yang ditusukkan akan timbul bentol, merah dan berasa gatal.

Nah, hasil dari tes alergi yang saya lakukan kemarin saya positif alergi terhadap debu (tungau) dan coklat.

Monday, October 7, 2013

Resep Fruit Tartlet

Saya suka banget sama fruit tarlet, ibu dirumah biasa bilang pai buah. Nah, kebetulan di daerah deket kampus ada tempat jajanan kue yang jual dengan harga yang murah meriah, tapi jangan salah. Rasanya uenake puooool! hehe
Oke deh, jadi gini, saya mau berbagi  resep buat Fruit Tartlet yang saya dapet dari buku di rumah ibu, dari tampilannya keliatan sulit padahal nggak loh sebenernya (etapi agak ribet juga sih). Oke, mari kita mulai dari bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Fruit tartlet ala Prancis dibawah ini.

Gambar diambil disini
Bahan kulit: 
220 gr tepung terigu
1/2  sdt garam
1/2 sdt vanilli
1 sendok air es
60 gr gula kastor
2 kuning telur
mentega yang didinginkan

Bahan untuk krim:
250 susu full cream
1 kuning telur
30 gr gula pasir
sedikit garam
20 gr tepung maizena
1 sdm mentega
1/2 sdt vanilli

Bahan olesan:
1/2 bks agar-agar putih
1 sdm gula pasir
1 gelas air
50 gr coklat batangan
(Untuk bagian dasar kulit pai)

Bahan isi:
Aneka buah segar sesuai selera, di potong potong kecil.
(saya biasanya prefer pakai anggur, stroberi, kiwi sama jeruk)


Gambar diambil dari sini

Cara membuatnya:
1. Buat kulit.
- Campurkan bahan untuk membuat kulit, diantaranya tepung terigu, garam, vanilli, air es, dan gula kastor.
- Buat lubang dan letakkan bahan yang tersisa seperti kuning telur serta mentega ditengahnya.
- Uleni dengan ujung jari hingga tercampur merata
- Bentuk bulat dan simpan dalam kulkas selama 30 menit dan tutup dengan plastik.
- Giling/ratakan adonan hingga setebal 1/2 cm, cetak berbentuk bulat seukuran dengan cetakan pie yg          tersedia
- Masukkan kedalam cetakan pie tersebut.
- Panggang dalam oven yang telah dipanaskan hingga 160 derajat celcius, panggang hingga berwarna kuning kecoklatan seperti gambar diatas, angkat dan dinginkan. 

2. Buat Krim
- Campur sebagian susu dengan maizena, lalu sisihkan.
- Didihkan susu yang sebagian lagi dengan gula, garam.
- Kecilkan api setelah medidih.
- Ambil 2 sendok makan dan campur dengan kuning telur, aduk rata.
- Masukkan larutan susu dan maizena kedalam larutan yang dididihkan, aduk rata.
- Masukkan juga campuran kuning telur dan susu.
- Masak dengan api kecil hingga mengental lalu tambahkan mentega. Aduk rata dan angkat.
- Setelah hangat, masukkan rum dan masukkan kedalam kulkas dengan ditutup plastik selama 2 jam.

3. Buat Olesan
   Campur agar,air, gula dan coklat. Masak dan sisihkan.

4. Finishing
- Ambil kulit pai dan olesi dengan bahan olesan.
- Isi dengan krim.
- Susun potongan buah di atasnya, lalu olesi dengan rebusan agar supaya terlihat mengkilat.

Dan Fruit Tarlet pun sudah dapat dihidangkan dan disantap bersama teman, keluarga serta orang-orang terdekat
Selamat Mencoba !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...