Tuesday, August 20, 2013

Meriahkan Memerdekakan

Memeriahkan, memerdekakan di bulan Agustus.

Tentunya di Indonesia pada bulan ke delapan ini ramai akan aroma patriotisme dan perjuangan. Mulai dari iklan-iklan di TV, serial FTV, bahkan film box office yang sengaja digiring dari bioskop pun kini dapat dinikmati di rumah masing-masing.

Agustusan tahun ini di kampung saya kebonwaru diadakan sangat sederhana tak seperti dahulu. Tak ada panggung megah, tak ada pohon pinang yang menjulang tinggi bersama televisi ataupun radio diatas puncaknya, tak ada angklungan di malam hari, tak ada pula layar tancap, hanya balon balon berwarna warni disekeliling halaman kecil rumah pak ketua RW bersama lomba-lomba sederhana untuk anak-anak serta para ibu. Kami tak memiliki sponsor besar lagi sekarang, sedih juga sih tapi apa boleh buat, kas RT & RW serta sumbangsih dari warga sekitar rupanya sudah cukup dapat memeriahkan tujuh belas agustusan di kampung kami.

Tak ada perbedaan lomba-lomba dari tahun ke tahun, sama saja. Mungkin itu kekurangan kami, kurang kreatif. Tapi saya hanya mengambil sisi positif, yang penting warga menjadi lebih dekat dan dapat tertawa bersama. Sehingga uhkuwah setiap rumah akan semakin erat.

Oke, kita mulai dari lomba pertama yang sudah tak asing lagi yaitu:

1. LOMBA MAKAN KRUPUK

Lomba ini sudah mendarah daging dan turun temurun, tak pernah tergantikan bahkan tak termodifikasi. Lain kali jangan kerupuknya yang digantung, tapi orangnya yang digantung. #eh becanda-becanda...



2. LOMBA LARI 500m

Lomba lari 500 ini diikuti oleh anak-anak SD dan ibu-ibu tagonian. Selesainya ada teh gelas menunggu untuk disantap.




3. LOMBA MAKAN MIE LEOR PEDAS PAKAI 2 TANGAN

Mie leor ini ditambah cabai 1/2 kilogram loh, jadi siap-siap tuh bibir dan mulutnya kepanasan. Belum lagi makannya ditengah terik mata hari. Tapi tenang saja, teh gelas menunggu di belakang. Eh ini bukan promosi teh gelas ya tbh.



Yang lebih lucu ketika ada pasangan suami istri yang ikutan lomba ini karena sang istri belum masak di rumah, ketika suami baru pulang kerja langsung disuruh ikutan lomba barengan. so sweet (♥o♥)


Nah, ini dia sang pasangan suami istri tersebut.
4. LOMBA MASUKKAN JARUM KE BENANG


Diakhir lomba, seorang ibu yang juara 1 masukin benang ke jarum dengan muka tak bersalahnya mengemukakan pengakuan yang mencengangkan kepada saya.

"Padahal tadi teh ku abi atos diabuskeun benangna ka jarum sateuacan di mulai, hehehe."
(padahal tadi sama saya benangnya sudah dimasukan ke jarum sebelum disuruh dimulai.)
Curang itu bu!!!! Щ(ºДºщ)

5. LOMBA MASUKKAN PAKU KE BOTOL



6. LOMBA KELERENG

Lomba ini butuh gigitan yang kuat dari peserta. Makanya bagi para adik-adik supaya giginya kuat jangan lupa sikat gigi pagi dan malam sebelum tidur juga setelah makan. Minimal 2 kali sehari.



7. LOMBA JOGET BALON



"ƪ(˘⌣˘)┐"ƪ(˘⌣˘)ʃ"┌(˘⌣˘)ʃ"

8. LOMBA MENYANYI LAGU TUJUH BELAS AGUSTUS ♫♪♫( ´▽`) ♫ ♫ 

video


Sedihnya, hanya ada satu anak yang hafal lagu ini. Akhirnya anak yang lain protes dan minta diganti lagunya dengan pacar lima langkah atau kereta malam, ehmmm gedung tua juga gak papa hadeeeeh -___-

9. LOMBA PUKUL BALON AIR


Lomba ini menimbulkan korban, karena satu anak bukannya memukul balon air yang ada didepannya tapi malah memukul peserta lomba yang ada disamping sampe bonyok-bonyok. (¬_¬")

\( #`⌂´)/┌┛ WADEZIG

10. LOMBA BALAP KARUNG

Ditutup dengan lomba melegenda ini, acara tujuh belas agustusan yang sederhana di kampung kami berakhir meriah dengan keluarnya pemenang si oci pelompat mungil.



Setidaknya kami merdeka dari kesedihan, kami menikmati hidup yang sederhana ini dengan kebahagiaan.

Bagaimana perayaan tujuh belas agutus di tempatmu?

5 comments:

  1. Wah lombanya unik2 ya?? ^^
    terutama yg lari2 itu, pasti jago banget orang2 desa tu..

    kalo tempat saya standarlah, yg paling meriah cuma meniti bambu ^^

    ReplyDelete
  2. Sebenernya malah menurut saya lombanya biasa banget. Dari saya kecil gak pernah berubah.
    Iya, jangan ditanya lagi kemampuannya. :D hehe

    Wah saya baru denger meniti bambu, itu lomba apaan?

    ReplyDelete
  3. yang lagi makan mie , ganteng ya orangnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...